Pages

Jumat, 02 Oktober 2009

E-COMMERCE

Pengenalan e-commerce

e-commerce mencakup seluruh proses penjualan,pengiriman,pelayanan,dan pembayaran untuk produk dan jasa. System e-commerce mengandalkan mengandalkan sumber dari internet,intranet,eksternet,dan teknologi-teknologi lainnya yang mendukung setiap langkah dari proses transaksi e-commerce.

Ruang lingkup e-commerce

Hingga saat ini rata-rata perusahaan mengambil bagian atau mensponsori tiga kategori dasar dari aplikasi e-commerce :

B2C (business to consumer) pebisnis yang menjual produk dan jasa ke konsumen pada website ,e-commerce menyediakan halaman web yang menarik ,catalog multimedia,proses pemesanan yang interaktif,system pembayaran elektronik yang aman dan dukungan costumer secara online,dengan semua kemudahan itu maka konsumen akan lebih tertarik.

B2B (Business to business) sedangangkan aplikasi B2B melibatkan catalog elektronik,pertukaran,dan pasar pangsa pelelangan yang menggunakan website dan portal internet,intranet dan ekstranet agar dapat menyatukan pembeli dan penjual.selain itu e-commerce B2B juga meliputi aplikasi seperti pertukaran data elektronis,yang mana secara otomatis akan melakukan pertukaran dokumen bisnis di internet.

C2C (consumer to consumer)

Factor-faktor kesuksesan e-commerce

A. Pemilihan dan nilai

B. Daya guna dan layanan

C. lihat dan rasakan

D. iklan dan insentif

E. perhatian secara pribadi

F. hubungan komunitas

G. keamanan dan dapat dipercaya

Tipe-tipe pangsa pasar e-commerce

A. one to many =pangsa pasar disisi pejualan,supplier utama,yang menentukan jumlah penawaran catalog prodak dan harga.

B. many to one =pangsa pasar disisi pembelian yang menarik beberapa supplier menjadi beberapa rekanan bisnis untuk melakukan pertukaran penawaran pada bisnis dari pembeli utama seperti GE atau AT&T.

C. some to many =pangsa pasar distribusi yang merupakan persatuan supplier utama yang mengkombinasikan catalog produksi,untuk menarik audien pembeli yang lebih banyak

D. many to some =pangsa pasar perolehan yang merupakan persatuan pembeli utama ,yang mengkombinasikan catalog pembelian,untuk menarik lebih banyak supplier dan kemudian lebih berkompetisi.

E. many to many =pangsa pasar pelelangan yang digunakan oleh banyak pembeli dan penjual yang bisa menciptakan berbagai pelelangan pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar