Pages

Sabtu, 26 Desember 2009

Cermat dalam memilih ban

Hal yang Harus Diperhatikan Waktu Memilih Ban Peringatan Pakailah ban standar atau ban pengganti yang telah ditetapkan oleh pembuat kendaraan. Pakailah ban dengan ukuran, konstruksi dan jenis yang sama untuk keseluruhan rodanya, kecuali bila pembuat kendaraan menetapkan ban yang berbeda ukuran untuk masing-masing porosnya, maka ikutilah instruksi tersebut. Mencampur pemakaian ban yang berbeda ukuran dan konstruksi pada satu poros, dikhawatirkan akan menimbulkan kecelakaan karena adanya perbedaan kinerja. Maka hindarilah hal tersebut kecuali dalam keadaan darurat. Pakailah pelek yang sesuai dengan ukuran dan jenis bannya. Ban tubeless haruslah menggunakan pelek tubeless.


Memeriksa Cacat dan Benda Asing Peringatan Pastikan tidak ada kerusakan pada pelek seperti retak, berubah bentuk dan karat yang berlebihan.
Pastikan tidak ada keretakan, paku, pecahan logam, batu dan benda asing lainnya pada ban. Bila ada benda yang terjepit pada alur ban, lepaskan.

Uji Jalan Pada waktu pemakaian baru, jarak sampai 200 km kecepatan tidak boleh lebih dari 60km/jam, supaya terbiasa dengan ban tersebut.


Hal yang Harus Diperhatikan Sewaktu Mamasang Ban ke Pelek Luka atau cacat di sekitar bead ban tubeless akan menimbulkan kebocoran udara, maka waktu pasang pakailah bahan pelumas yang direkomendasikan. Cairan dan benda asing lainnya yang ada dalam ban, kemungkinan akan mengganggu fungsi ban tersebut. Maka sebelum memasang ban ke pelek, periksalah bagian dalam ban dan bersihkan apabila ada benda asing dan cairan. Setelah memasang ban tubeless pada pelek, pastikanlah tidak ada kebocoran udara dari bagian yang bersentuhan antara ban dan pelek (sekeliling bagian bead) dan dari lubang pentil (gerakkan pentil ke atas-bawah dan ke kiri dan ke kanan). Untuk mencegah getaran yang abnormal dan keausan tidak rata pada ban, ban harus di-balance. Ban yang ada petunjuk seperti arah putaran dll, harus dipasang pada roda kendaraan sesuai petunjuk tersebut. Karena ada kemungkinan bahaya ledakan waktu dipakai, pastikan ban tidak menyentuh bagian badan kendaraan. Hindari agar roda tidak menjulur ke luar dari badan kendaraan. Merubah ukuran ban dan type ban akan merubah karakter pergerakannya, maka agar menjadi terbiasa, menyetirlah dengan hati-hati. Peringatan Yang dimaksud dengan type adalah pembagian ban berdasarkan perbedaan konstruksi carcass. Perlu tidaknya pemakaian ban dalam, kelas kecepatan dan pola telapak ban.


Hal yang Harua Diperhatikan yang Berhubungan Dengan Tekanan Angin Peringatan Aturlah regulator tekanan angin agar terhindar dari bahaya meledak. Tekanan udara tertinggi dari regulator compressor:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar