Pages

Sabtu, 11 Mei 2013

Tugas softskill 3 (IBD)

Manusia dan Pandangan Hidup
Pengertian pandangan hidup 

Setiap manusia mempunyai pandangan hidup, pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. dengan demikian pandangan hidup utu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya.

Pandangan hidup berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :
1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenaranya
2. Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuiakan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat    pada suatu negara.
3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenaranya.

Cita - cita 
cita - cita merupakan  pandangan masa depan atau merupakan pandangan hidup yang akan datang, dengan kata lain cita - cita merupakan keinginan, harapan dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya.
Kebijakan
Kebijakan manusia nyata dan dapat dirasakan dalam tingkah lakunya, karena tingkah laku bersumber pada pandangan hidup, maka setiap orang memiliki tingkah laku sendiri - sendiri, sehingga tingkah lakunya berbeda - beda, faktor yang mempengaruhi tingkah laku seseorang adalah : faktor pembawaan, faktor lingkungan dan pengalaman.
Usaha/perjuangan
usaha dan perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita - cita, untuk kerja keras manusia di batasi oleh kemampuan terbatas timbul perbedaan tingkat kemakmuran antara manusia satu dan manusia lainnya.
Keyakinan/kepercayaan
Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan tuhan.
menurut prof.Dr.Harun Nasution ada tiga aliran filsafat :
1. Aliran naturalisme.
2. Aliran intelektualisme.
3. Aliran gabungan.

Langkah - langkah berpandangan hidup yang baik :
1. Mengenal
2. Menbgerti
3. Menghayati
4. Meyakini
5. Mengabdi
6. Mengamankan

Manusia dan Tanggung Jawab

Tanggung jawab
adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya sehingga bertanggung jawab adalah segala sesuatunya atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya.

Macam - macam tanggung jawab 
1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
2. Tanggung jawab terhadap keluarga
3. Tanggung jawab tehadap keluarga
4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara
5. Tanggung jawab terhadap tuhan

Pengabdian dan pengorbanan
adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri, pengabdian merupakan perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, sedangkan pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian, pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih tanpa adanya perjanjian, transaksi dan kapan saja diperlukan, akan tetapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.

  
Manusia dan Kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir dan tidak tenang, masalah kecemasan dan masalah ketakutan yang berkaitan juga dengan masalah frustasi. Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu :

Kecemasan obyektif : adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam untuk mencelakakannya, dalam arti kata bahwa seseorang mewarisi kecenderungan untuk menjadi takut kalau ia berada dekat dengan benda - benda tertentu dalam keadaan tertentu dari lingkungan.

Kecemasan neoritis timbul dari pengamatan tentang bahaya dan naluriahmenurut Sigmund Freud kecemasan ini dibagi 3 macam yaitu :kecemasan yang timbul kareana penyesuaian diri dengan lingkungan, bentuk ketakutan yang irasional dan rasa takut lain karena gugup.

Kecemasan moril : disebabkan karena pribadi seseorang, tiap pribadi memiliki bermacam - macam emosi antara lain iri, dengki, marah, gelisah dan rasa kurang.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang merasa gelisah :
1. Keterasingan
2. Kesepian
3. Ketidakpastian

Manusia dan Harapan

Harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk atas sesuatu.
Kepercayaan berasal dari kata percaya yakni meyakini adanya kebenaran.

Menurut Dr Yuyun Suriasumantri dalam bukunya filsafat ilmu mengemukakan tiga teori tentang kebenaran :
1. Teori koherensi
2. Teori korespondensi
3. Teori pragmatis

Dasar kepercayaan adalah kebenaran, sumber kebenaran adalah nmanusia, kepercayaan itu dapat dibedakan atas :
1. Kepercayaan atas diri sendiri
2. Kepercayaan pada orang lain
3. Kepercayaan pada pemerintah
4. Kepercayaan pada tuhan


Studi kasus :
pembobolan dana nasabah pada suatu bank akan dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan kepada masyarakat atas bank yang bersangkutan, hal ini disebabkan karena kurangnya kontrol dan pengawasan terhadap perbankan nasional, walaupun begitu masih banyak juga yang tetap menabung dan mmpercayai bank tersebut. Hal ini bisa dikarenakan adanya komunikasi yang baik antara pihak bank dan pihak nasabah.

Sumber : http://diaharea.blogspot.com/2011/05/bab-9-manusia-harapan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar