Pages

Sabtu, 03 November 2012

Pemuda dan sosialisasi (Tugas softskill)



PEMUDA DAN SOSIALISASI
Pemuda merupakan generasi penerus dari  generasi terdahulu, pemuda cenderung dihadapkan oleh beberapa persoalan, diantaranya : kenakalan remaja, ketidakpatuhan kepada orang tua atau guru, kecanduan narkotika, frustasi, dan masalah lainnya. Proses kehidupan yang dialami oleh para pemuda Indonesia setiap hari di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat membawa pengaruh besar  dalam membina sikap individu dari para pemuda dalam bermasyarakat. Proses tersebut bisa disebut dengan istilah sosialisasi.
Proses sosialisasi  adalah proses yang membantu individu dalam melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri, bagaimana bertindak dan berpikir agar pemuda dapat  berperan dan berfungsi baik, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.
Proses media sosialisasi :
·         Orang tua dan keluarga
·         Sekolah
·         Masyarakat
·         Teman bermain
·         Media masa

Tujuan pokok sosialisasi :
Indivvidu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan dapat mengembangkan kemampuannya.
Memiliki pengendalian diri yang kuat terhadap suatu masalah.
Bertingkah laku secara selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan pada masyarakat umum.
Jadi generasi pemuda sangatlah penting bagi kehidupan bermasyarak, karena generasi p[emudalah yang akan meneruskan meneruskan apa yang telah diperjaungkan dan dikembangakan oleh generasi terdahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar